Satu Tahun

Welcome to toddlerhood, son! Its been a fascinating first year.. I’ve experienced your first laugh, crawl, stand, ‘n then fall.  Your first tooth ‘n your first love with elmo ‘n cheese..

my new toddler son :)

my new toddler son 🙂

Catatan Satu Tahun Pertama Radi:

0 bulan

Tidur ‘n nenen aja sepanjang hari. Belum ada jadwal rutinitas yang jelas.

Masih belajar nenen yang benar (radi makannya buanyuak banget).

Kalau dimandiin selalu nangis kenceng.

Imunisasi: Hepatitis B ke-1 pas lahir. Polio seminggu kemudian.

1 bulan
Udah lebih jelas jadwalnya. Kegiatan: nenen, jemur, mandi, nenen lagi…

Kalau nangis, biasanya karena lapar atau sakit perut. Radi sering sakit perut kayak banyak angin. Kentut-kentut terus. L Jangan-jangan pengaruh hernia juga.

Radi sekarang pengen digendong teruuus. Gak mau ditaro begitu aja *emangnya aku ini barang*

Mulai senang mandi. Sudah jarang nangis.

Waktu Radi 1,5 bulan dicoba dikasih sufor karena asinya kurang sementara Radi nangis terus dan bobonya kurang karena masih lapar. Tapi nggak sukses. Radi menolak minum dari botol. Biarpun itu isinya asi. Mesti fresh langsung dari pabriknya.

Udah bisa ngangkat kepala bentar kalo tengkurep.

Mata lebih fokus untuk jarak dekat.

Waktu 7 minggu Radi berenang untuk pertama kalinya *horeee!* Sekaligus dipijat di galenia mcc *lah, promo?!*

Imunisasi: Hepatitis B ke-2. Dan BCG.

2 bulan

Usia 2 bulan kurang 1 hari (27 Juli 2012) Radi menjalani operasi hernia di RS Advent. It’s the worst experience ever *huhuhu* Sehat-sehat terus ya, Nak! *big smooching wet kiss* *elap*

Aktivitas paling digemari Radi ialah bonen (bobo+nenen) bareng mama.

Senang ngemut tangan.

Suka duduk di bouncer.

15 Agustus *catet* his first laugh with timmy the mouse.

Sudah bisa berguling dari tengkurep ke telentang.

Imunisasi: DPT (yang nggak panas Rp. 320 ribu *mahils yak*) dan polio.

3 bulan

Kalo bonen suka heboh, pindah-pindah posisi.

Menyatukan kedua tangan.

Hampir selalu memasukkan tangan ke mulut. Mulai pake slabber deh.

Makin suka ngoceh.

Suka digendong gaya duduk dengan posisi Radi menghadap keluar. Radi senaang banget mengamati sekitar.

4 bulan

Tangan senang menggapai dan mencengkeram.

Makin ekspresif.

Imunisasi: DPT ke-2

5 bulan

Kalau direbahin suka angkat badan kayak udah nggak sabar pengen duduk.

Masukin segala barang yang ditemui ke dalam mulut.

Mulai suka main kaki. Bisa melepas kauskaki sendiri pake mulut *bravo! Ini prestasi yak?*

Radi belum pernah tengkurep sendiri dan nggak suka berguling tapi mau langsung duduk.

Lagi demen teriak-teriak (but it only lasted for about 2 weeks).

6 bulan

Mulai makan *horee!* Radi mengenal buah-buahan dulu.

Suka main kaki sampai ngemut jempol kaki.

Kalo dipangku suka bouncing-bouncing.

Akhir 6 bulan sudah bisa duduk sendiri.

Suka nonton elmo. Lumayan bisa anteng agak lama dikit kalo lagi nonton. Jadi bisa ditinggal bentar sambil mamanya ngejemur, masak, atau nyetrika.

Imunisasi: DPT ke-3.

7 bulan

Makin mantap duduk sendiri.

Mulai ditaro di babywalker.

Meraih semua barang di sekitar.

Punya gaya baru, dari duduk ke tengkurep.

Gak mau ditinggal sendiri. Mesti selalu ditemani orang.

Radi sempat kena diare parah selama 1 minggu lebih. Mencret bisa sampai 10x sehari. Selama diare itu dikasih suplemen zinc dan probiotik.

8 bulan

Merangkak (crawling) maju mundur dan berputar.

Senang menjatuh-jatuhkan barang dari ketinggian, trus dilihat proses jatuhnya (berbunyi atau nggak, jatuhnya kemana).

Radi suka banget makan keju.

9 bulan

Ocehan favorit: eh buat manggil orang dan senang melafal huruf r kalo lagi bete atau kesal.

Suka buka-buka laci dan mengobrak-abrik barang.

Proses mainnya Radi: keluar-keluarin barang dari tempatnya, dimasukin ke mulut untuk dicicip, trus dilempar.

Makin lincah di babywalker. Lari ke sana kemari.

Merangkak kemana-mana.

Tumbuh gigi pertama. Gigi kanan bawah.

Suka gigit-gigit puting kalo nenen. Dahsyat bener gigitannya. Jadi asinya mulai sering dipompa pas lagi luka.

Lagi suka banget nonton TV, terutama acara-acara cbeebies yang banyak lagu-lagunya dan Elmo.

Berdiri sambil berpegang pada perabot.

Suka banget lihat orang makan. Pasti nagih minta juga.

Akhir 9 bulan Radi udah punya 2 gigi bawah.

10 bulan

Suka didorong pakai stroller. Ini jadi trik baru untuk boboin Radi. Beurat soalnya kalo boboinnya mesti digendong terus.

Mulai berjalan merayap (cruising) dengan berpegang pada perabot.

Nambah 2 gigi atas.

Hobi banget nonton.

11 bulan

Gigi Radi udah 4. Dua atas, dua bawah.

Suka mengucap “pa-pa-pa” *kok bukannya ma-ma dulu yak*

Radi disapih lebih dini dari rencana. ASI mama makin habis (mungkin juga efek sering dipompa karena luka dan berdarah). Tapi alhamdulillah Radi udah ketemu susu yang disuka (Danstart alias Dancow buat bayi). Kalau dulu Radi maunya ASI aja. Sekarang Radi maunya sufor aja, males ASI (atau mungkin karena cuman sedikit jadi kesel). So, bismillah aja, meski meng-asinya stop, mudah-mudahan anakku tetep cukup gizi dan tidak terganggu tumbuh kembangnya. Karena kandungan ASI ‘n sufor itu memang nggak bisa disamakan.

12 bulan

Mulai kurang minat nonton TV. Lebih pengin explore the world.

Permainan yang digemari Radi: cilukba, kejar-kejaran (pake babywalker), semacam petak umpet (kita sembunyi di balik tembok atau gorden, Radi yang menemukan).

Akhir 12 bulan mengucap ma-mma *horeee..syenangnyah hatiku 🙂 *