Banana Oatmeal Cupcake

Bahan:

2,5 pisang lumatkan (2 pisang besar, 1 kecil)

5 sdm oats

2 sdm tepung pecah beras (bisa diskip)

1 sdm minyak zaitun

2 sdm madu (sebagai pengganti gula)

sejumput garam

sejumput vanili

1/4  cangkir air

Taburan kismis buat tambahan

Cara Bikin:

Campur semua bahan dalam satu wadah. Tuang dalam cetakan cupcake.

Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 20 menit.

Hasil Eksekusi:

banana oatmeal cupcake

I Love it!

It’s chewy ‘n yummy ‘n a great healthy snacks 😛

Sumber resep: http://www.chocolatecoveredkatie.com (dengan mofifikasi)

Banana Oatmeal Pancake

Dalam upaya beralih ke menu sarapan sehat dan rendah kolesterol, saya berusaha memasukkan bahan oatmeal yang konon bagus untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, ke dalam menu harian saya. Tapi kalau dari hari demi hari sarapan bubur oatmal aja tentu bosyaaan… belum lagi rasanya yang hambar (biasanya cuma saya tambahkan potongan buah pisang atau stroberi dan madu buat menambah rasa manis alaminya). Buat variasi dikit, alhamdulillah saya ketemu resep banana oatmeal pancake ini. Pancakenya tentu dibikin tanpa susu dan tanpa mentega yang kaya lemak.. tapi rasanya teteup enak karena saya memang penggemar buah pisang. Nyam… sarapan sehat bisa juga enak kooo… 😛

Bahan (takaran untuk satu porsi pancake):

  • 1 pisang masak, lumatkan dengan garpu
  • 1 putih telur (saya hindari kuningnya yang mengandung kolesterol)
  • 3 sdm oatmeal
  • 1 sdm tepung beras pecah kulit (kalau gak ada bisa tepung apa sajalah)

Cara masak:

Satukan semua bahan di dalam mangkok dan kocok rata. Olesi wajan teflon dengan sedikit olive oil. Panggang sampai matang. Jadi deh! Gampang, kan…

Lebih enak dinikmati dengan toping irisan stroberi dan olesan madu.

 

*Poto menyusul..masih nongkrong di hape, belum bisa dipindah 😛

 

 

 

5 Menu Kesukaan Radi

 

Ini sebagian menu yang (sempat) digemari Radi. Sengaja dicatat di sini, siapa tau ntar butuh buat adeknya..:P (amiiin)

 

Tumis Ayam Sayur

Bahan:

-bawang bombay dan bawang putih

-ayam fillet potong2 kecil

-wortel/kacang polong/buncis

Cara buat:

Tumis bawang bombay dan bawang putih. Setelah harum, masukan potongan ayam. Tambahkan kecap manis, sedikit merica, sedikit air. Masukkan potongan sayur (wortel, kacang polong, buncis). Biarkan mendidih beberapa saat lalu matikan.

 

Nuget Ayam

Bahan:

–          100 gr ayam cincang

–          Satu/dua lembar roti tanpa kulit, dilunakkan dengan air

–          Satu telur

–          Keju parut

–          Wortel parut

–          Sedikit bawang putih, garam ‘n merica

Cara buat:

Campur semua bahan dalam wadah tahan panas. Kukus selama kurang lebih 20 menit.

Sebelum digoreng, celupkan ke telur kemudian tepung panir.

 

Pancake kentang

Bahan:

-1 kentang, kukus supaya lembek

-telur

-keju parut

-wortel serut

-irisan tomat

Cara buat:

Kentang kukus dilumatkan dengan garpu.

Campur dengan telur, wortel serut, irisan tomat dan sedikit keju

Goreng di panci teflon. Tring..jadi..

 

Nasi Goreng Salmon

Bahan:

-Nasi

-Irisan salmon yang sudah dikucuri sedikit jeruk nipis

-Irisan buncis

-Keju parut

-Duo bawang (bwg merah ‘n putih)

Cara buat:

Tumis duo bawang. Masukkan daging salmon dan buncis, kemudian keju parut. Terakhir masukkan nasi. Boleh tambah sedikit garam ‘n merica.

 

Makaroni Schotel

Bahan:

-satu sendok makan mentega untuk menumis

-1 siung bawang putih

-¼ bawang bombay

-3 sendok makan makaroni, rebus

-100gr ayam giling/ayam fillet cacah

-Keju parut

-Wortel parut

Cara buat:

Tumis bawang, masukkan daging ayam.

Campur dalam wadah tahan panas: makaroni, satu telur, sedikit susu, keju parut, wortel dan tumisan ayam. Tambah garam dan merica. Kukus 20-30 menit.

Nasi Tahu Gurih

Berhubung Radi lagi menggemari tahu, jadi dicarilah variasi menu dengan kandungan tahu. Dan dari hasil browsing, didapatlah resep Nasi Tahu Gurih.

Berikut cara bikinnya:

Campur telur, nasi, bawang putih parut, tahu (lumatkan), sedikit air kaldu ayam (kalo ada), wortel serut, dan sedikit keju parut. Kukus 25 menit.

Radi doyan. Akhirnyaaa… ada juga uji coba resep yang berhasil disenangi anak. Uhuuuy!*emak kegirangan*

Senengnya lagi, resep ini simpel banget tapi padat gizi. Dibuat tiap hari juga hayuk aja. Eh tapi jangan ding, takut keburu bosen ;P

nasi tahu
inspirasi resep: bunda Amanda Pingkan (hhbf)

Roti Kukus Pisang Keju

bahan:
– roti gandum sobek-sobek

-lembar keju sobek-sobek

-pisang lumatkan

-unsalted butter

cara buat:
Olesi loyang tahan panas dengan butter. Tata sobekan roti gandum, kemudian keju, kemudian pisang. Bisa dibuat lebih selapis sesuai selera. Kukus.

Berhubung saya penyuka pisang gabung keju (yummy!), menu cemilan ini kayaknya bakal jadi one of my fave. Lah kok malah favorit emaknya? Kalo Radi gimana? Alhamdulillah resep ini sukses… sukses dilepeh *yaiks*

Inspirasi resep: grup homemade healthy baby food (hhbf)

Fritatta Rice

Karena Radi sudah mulai nampak bosan dengan makanan regulernya, yakni bubur ayam plus (plus wortel/buncis/brokoli/etc), jadilah Mamanya mesti mulai kreatif menyusun menu baru. Siap, Nak! Kusambut tantangan ini dengan tangan terbuka. Ya eyalah, memang siapa lagi yang bakal masakin kalau bukan emaknya.

Sebelumnya, udah pernah nyobain masak aneka menu lain selain buryam buat si bayi. Tapi biasanya Radi kurang antusias, bahkan beberapa menu ditolak mentah-mentah (terutama kalau nasi diganti kentang atau makaroni). Cinta masakan Indonesia kau, Nak. Ujung-ujungnya, balik lagi ke bubur atau nasi tim ayam. Baru belakangan ini aja Radi nampak mulai ingin bereksplorasi dengan makanannya. Dikasih menu biasa, mulai kurang lahap. Tapi suka mengincar makanan yang tidak diperuntukkan baginya saat anggota keluarga lain sedang makan (kentang goreng, tape, kerupuk, eskrim, n so on).

Jadilah, Mamanya kembali sibuk mencari-cari aneka resep makanan bayi. Yang simpel-simpel sajalah, berhubung Mamanya suka malas berlama-lama di dapur. Tapi tetap ingin memberi makanan kaya nutrisi untuk sang buah hati tercintah. Saya cukup sering merujuk ke grup mamak-mamak hhbf (homemade healthy baby food) di fesbuk.

Untuk kali ini, saya mencoba membuat menu Fritatta Rice. Namanya keren yak. Padahal penampakannya nggak jauh beda dengan telor dadar.

Berikut resepnya:

Bahan:

–          Dua kuning telur

–          Segenggam irisan daging ayam

–          Bawang putih

–          Tomat

–          Daun bawang

–          Nasi

–          Keju parut

–          Unsalted butter

Cara buat:

Tumis daging ayam dan bawang putih dengan unsalted butter. Sisihkan.

Kocok lepas 2 kuning telur (berhubung Radi belum genap 1 tahun, jadi belum dikenalin dengan si putih telurnya). Masukkan tumisan ayam tadi ke adonan telur kuning. Tambahkan sedikit potongan tomat merah, irisan daun bawang, keju parut, dan nasi. Aduk rata.

Panggang adonan di wajan anti lengket dengan unsalted butter.

HASIL EKSEKUSI:

Rasa: Enak juga. Wangiii dari butter dan keju. Cuma kurang asin untuk lidah orang dewasa. Maklum, belum pakai garam karena dibikin buat bayi di bawah setahun. Kalau ingin lebih gurih dan asin lagi, mungkin porsi kejunya bisa ditambah lebih banyak.

Radi: kurang antusias ternyata. Hiks. Awal dikasih malah nggak mau. Nampak curiga gituh. Pas mamanya berakting makan lahap di depan muka dia, barulah Radi mau. Tapi lumayanlah.. Meski nggak lahap banget, bisa habis juga tuh separoh porsi.

Sumber resep: bunda Amanda Pingkan (hhbf)