First Little Steps

13,5 bulan Radi mulai melangkah untuk kali pertama. Kaget banget saat tiba-tiba aja Radi mengambil empat dan enam langkah pertamanya. Saya pun langsung terharu sekaligus excited 🙂  Horeee akhirnya anakku mau jalan juga.

Selama ini Radi memang nggak suka diajar melangkah dengan digandeng atau pun menggunakan alat kayak moonwalk baby ituh. Dia mau bebas. Let me do this my own way, Ma. So saya biarkan dia belajar dengan caranya sendiri. I believe he will soon learn to walk in his own terms. Whenever you ready, son.

Jadi saya lihat dan biarkan aja dia belajar jalan sendiri dengan merambat dari perabot ke perabot. Kalau udah capek kembali merangkak cepat ke sana kemari masuk kolong-kolong meja kayak anak kucing. Kemudian perlahan Radi mulai suka lepas tangan waktu berdiri. Saat dia mulai suka lepas tangan, paling-paling saya motivasi untuk mulai melangkah ke mama. Saya rentangkan tangan lebar dan duduk persis dekat di depannya. Biar dia masih pede. Satu dua langkah goyah diambilnya sebelum menghambur ke pelukan mama. Habis jatuh kami beri tepukan tangan kencang. Radi jadi semangat. Kadang mau coba lagi, kadang nggak *tergantung moodnya*

Maka kagetlah saya saat out of the blue, Radi berjalan enam sampai delapan langkah dengan sendirinya. Padahal nggak ada mama di depan yang biasa merentangkan tangan bersiap menangkap jatuhnya. Meski langkahnya masih goyah. Well, it’s a start.

Memang benar anak akan belajar dengan sendiri saat dia sudah siap. Sebagai orangtua kita nggak bisa maksa ‘n ngoyo meski mungkin kadang agak gak sabar juga karena ngelihat anak-anak lain udah mulai jalan lebih cepat. Sebenernya, jujur saya sempat kena sindrom emak galau cuma gara-gara denger omongan orang lain yang kadang suka kelewat ‘bersemangat’ dengan kemampuan anaknya, “Anak saya dulu 11 bulan udah mulai jalan…’n blablablalah…” Atau waktu liat anak temen di usia 10 bulan udah mulai melangkah. Jadi saya sempet beli alat bantu jalan si moonwalk itu buat Radi.. yang ternyata tidak sukses digunakan. Radi malah ngomel-ngomel pas dipasang alat itu. N kalau dipikir-pikir emang boro-boro Radi mau yah..diajak melangkah sambil digandeng aja kagak mauuu… Itulah anakku hehe.. Mau bebas merdeka. Menikmati belajar dengan gayanya sendiri.

Haduh jangan sampe deh saya jadi orangtua yang suka membanding-bandingkan anak sendiri dengan anak orang lain. Radi ya Radi. Each child are different ‘n they will grow in their own unique way. Termasuk dalam hal tumbuh kembangnya.

Radi memang kasus yang kurang umum. Radi nggak pernah tengkurep sendiri dan nggak suka mengguling-gulingkan badan yang notabene menurut textbook perkembangan anak dibutuhkan untuk belajar duduk, tapi di usia 6 bulan udah bisa duduk tegak (tanpa menguasai kemampuan tengkurep lebih dulu).

Dan sekarang, saat Radi belum bisa bangun dari duduk dan berdiri sendiri, dia udah lancar jalan-jalan keliling rumah.

Baru tepat 14 bulan, Radi mulai nungging dan berhasil mengangkat tubuh montoknya berdiri. Sendiri. Tanpa berpegang pada perabot. *yey…keprok*

2 pemikiran pada “First Little Steps

    • hehe sama ya yaya? tos 😉 iya nih radi suka dbilang karena kegendutan jd susah jalan.. eh baru 2 mingguan mulai melangkah, skrg udah sok lari2 ‘n jalan2 terus ga ada diemnya..XD Skrg radi baru bisa ngomong “mamma, pappa ‘n mamam”..dunianya radi 😛 iyyaaa, melihat tumbuhkembng anak memang menakjubkan 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s