Hernia Pada Bayi

Hanya ingin mencatat pengalaman dan sedikit berbagi saja tentang pengalaman saya saat menghadapi kasus hernia putra saya. Nggak lama setelah Radi lahir, kira-kira pas usianya 2 minggu, saya mendapati ada bulatan menonjol sebesar biji kelereng di bawah pusar kiri di atas kemaluannya. Ketahuannya pas lagi abis waslapin Radi dan mau dikasih baju. Seperti biasa, Radi masih benci banget ditelanjangi dan dimandiin, jadi nangis kencang. Nangisnya dia kayaknya memicu kemunculan “si kelereng”.

Saya nggak terlalu awam dengan hernia karena suami saya cerita dia pernah dioperasi hernia waktu umur setahun. Jadi udah ada bayangannya sedikit. Udah tahu kalau hernia ini kasus yang cukup biasa terjadi pada bayi sampai anak kecil. Setahu saya juga hernia ini bisa sembuh sendiri seiring pertumbuhan usianya.

Tapi sebagai seorang ibu baru, tetap aja saya cemas. Maka browsinglah saya tentang kasus hernia pada bayi ini. Berikut penjelasan yang saya dapat, kurang lebihnya:

HERNIA pada bayi dan anak dapat terjadi pada beberapa bagian tubuhnya, antara lain di pelipatan paha, umbilikus atau pusar, sekat rongga dada, dan perut (disebut diafragma) serta bagian-bagian lainnya. Yang umum terlihat langsung adalah hernia pada umbilikus atau pusar, serta pada pelipatan paha karena dapat langsung ke kantung buah pelir.

Pada bayi dan anak, hernia terjadi karena tidak tertutupnya beberapa lubang yang pernah ada semasa bayi dalam kandungan. Sebelum atau sesudah bayi lahir seharusnya lubang-lubang tersebut menutup, namun pada bayi dan anak yang mengalami hernia hal ini tidak terjadi.

Kadangkala, hernia hanya terlihat saat bayi menangis, batuk, atau ngeden ketika pup. Sampai kini, tidak ada penyebab yang jelas. Umumnya, disebabkan karena peningkatan tekanan dalam rongga perut, karena sejak dalam kandungan sudah ada bagian dinding perut yang lemah, atau keduanya. Pada bayi dan anak, faktor risiko terjadinya hernia adalah ketidakmatangan organ dan riwayat keluarga.

Hernia pada bayi dan anak seringkali tidak memberikan keluhan sebelum terjadi komplikasi. Umumnya, adanya benjolan di tempat-tempat tersebut seringkali tidak mendapatkan perhatian dari orangtua bayi dan anak karena tidak menimbulkan keluhan dan masalah untuk bayi dan anak tersebut, kecuali orangtua yang sangat sensitif dan sangat perhatian pada bayi dan anaknya.

Keluhan yang paling sering, para orangtua pasien melihat dan meraba adanya benjolan pada umbilikus (pusar) atau pelipatan paha maupun kantong buah pelir pada anak laki-laki. Hernia pada pelipatan paha umumnya diketahui orangtua pasien setelah benjolannya besar dan memberikan rasa sakit pada bayi dan anak tersebut. Gejala lainnya timbul berupa sakit atau nyeri pada daerah terjadinya hernia akibat terjepitnya isi kantong hernia tersebut. Jika yang terjepit usus, maka gejala yang terlihat lebih hebat berupa muntah, perut kembung, gangguan bab, dan lain-lainnya. Pada bayi dan anak perempuan, seringkali yang terjepit di dalam kantung hernia adalah indung telur sehingga bayi dan anak tampak kesakitan bahkan dapat mengalami syok karena rasa sakit.

Hernia pusar yang tanpa komplikasi umumnya dapat tertutup sendiri pada usia anak lebih besar, sekitar usia 2-5 tahun. Namun selama itu pusar atau umbilikus akan kelihatan menonjol besar sehingga secara kosmetis orangtua pasien menganggap itu suatu masalah. Pengobatan pada hernia pusar dengan pembedahan diperlukan jika lubang yang terjadi ukurannya 2 cm atau lebih, karena tidak mungkin akan menutup sendiri. Atau, jika hernia sampai anak usia sekolah, maka dapat dilakukan pembedahan berencana.

Bila hernia kecil, masih ada waktu untuk observasi. Nah, diperlukan intervensi berupa operasi jika hernia terus membesar atau menimbulkan nyeri. Operasi hernia adalah prosedur bedah yang ringan. Dokter akan membuat sayatan kulit di area hernia, mendorong bagian usus yang keluar agar kembali masuk ke rongga perut, serta menjahit atau menutup lubang tadi.

Pada hernia pelipatan paha, pembedahan merupakan terapi yang terbaik, begitu hernia ini telah ditegakkan diagnosisnya. Kalau hernia ini mengalami komplikasi, terjadi tanda-tanda terjepitnya isi kantong hernia, maka pembedahan harus dilakukan segera dengan persiapan minimal untuk menyelamatkan organ yang terjepit dalam kantong hernia. Risiko pembedahan segera ini cukup tinggi, baik risiko dari segi pembedahan maupun pembiusan. Dengan demikian, jika terdapat hernia pada pelipatan paha bayi dan anak-anak, pembedahan berencana sudah harus dipersiapkan tanpa memperhatikan usia dan berat badan bayi dan atau anak. Karena, pembedahannya sendiri merupakan tindakan untuk memutus hubungan rongga perut dengan kantong hernia.

Keterlambatan atau penundaan pembedahan akan memberikan risiko teknis pembedahan menjadi lebih sulit dan kemungkinan terjadi komplikasi. Komplikasi ini terutama pada hernia pelipatan paha dan hernia kantung buah pelir pada bayi dan anak laki-laki, berupa terjepitnya isi kantong hernia dengan segala konsekuensinya.

[Sumber: www.parenting.co.id; dr. I Nyoman Sukerena (Spesialis Bedah Anak)]

 

Balik ke kasus hernia Radi. Waktu jadwal imunisasi rutin kami pun konsultasi ke DSA Radi. Dokter Susi di RS Santosa. Kata dokter, benjolan di atas kemaluannya itu memang hernia. Tapi biasanya untuk bayi ditunggu sampai usia 3 bulan kalau ingin melakukan pembedahan, karena ada kemungkinan akan menghilang dengan sendiri. Artinya, lubang pada dinding perutnya menutup dengan sendiri.

Saat itu kami hanya bisa berharap agar tindakan operasi tidak perlu dilakukan. Nggak tega banget ngeliat anak dioperasi. Masih bayi mungil begini lagih.

Tapi, kecemasan saya nggak lantas hilang begitu aja. Malah setiap kali Radi menangis kencang dan benjolan itu nampak membesar saya jadi parno sendiri. Dan kalo saya perhatikan dari waktu ke waktu, nampaknya benjolan itu malah makin besar aja. Bukannya hilang. ASI yang kurang semakin membuat Radi sering menangis kencang karena lapar. Alhasil hernianya susah pulih. Usus yang turun akibat hernia itu malah semakin turun. Yang tadinya masih di atas kemaluannya, sekarang sudah sering masuk sampai ke kantong pelirnya. Daripada cemas berkelanjutan dan takut terjadi komplikasi atau usus kejepit, saya utarakan ke DSA Radi dan beliau memberi rujukan salah seorang dokter spesialis bedah anak buat konsultasi.

Saya dan suami pun akhirnya menemui saran dokter Susi, melakukan konsultasi dengan Dokter Bustanul di RS Santosa. Begitu diperiksa, dia menjelaskan kalau Radi ini memiliki hernia besar dan kecil. Ternyata pusarnya, yang memang nampak bodong, adalah hernia umbilikus atau hernia kecil. Cuma kata dokter, hernia pada pusarnya ini biasanya akan membaik dengan sendiri saat anak semakin besar. Kemungkinan saat menginjak usia satu tahun akan menghilang dengan sendiri. Tapi… hernia pada atas kemaluannya itu katanya sudah besar dan sebaiknya segera dioperasi. Karena khawatirnya, kalau ditunda-tunda, kalau nunggu sampai ususnya kejepit, si anak selain sudah pasti akan kesakitan, juga akan timbul komplikasi-komplikasi lain. Kata dokter lagi, teknologi kedokteran jaman sekarang sudah tidak perlu menunggu hingga usia bayi 3 bulan. Bahkan bayi baru lahir pun bisa langsung diambil tindakan bedah jika memang dipandang perlu. Begitulah hasil konsultasi dengan bapak dokter.

Bismillah saja.. saya dan suami memutuskan yang terbaik bagi Radi memang dilakukan operasi secepatnya. Operasi hernia ini termasuk bedah ringan. Dokter akan menyayat kulit di atas kemaluan, mengembalikan usus yang turun kemudian menutup
lubang hernia itu *maaf, bahasa orang awam*

di ruang pemulihan sesaat usai operasi

Radi dioperasi saat usianya belum genap 2 bulan (tepatnya, 2 bulan kurang 1 hari) di RS Advent. Proses operasinya tidak lama. Kurang dari sejam sejak Radi dibawa ke ruang bedah, kami pun dipanggil dan diberitahu kalau operasi telah selesai dan berjalan lancar. Usai operasi, pasien masuk ruang pemulihan selama kurang lebih dua jam. Trus langsung boleh pulang. Sambil membawa obat resep panadol bayi untuk menurunkan panas sekaligus meredakan nyeri luka bedah dan amoxsan buat antibiotiknya. Alhamdulillah, entah karena masih bayi, Radi pulih cukup cepat. Bekas operasi bahkan nyaris tak nampak. Beda banget sama operasi jaman suami saya dulu yang mesti menginap sekian hari usai operasi, trus jahitannya juga yang mesti dicabut lagi.

Kalau hernia besarnya diobati dengan proses bedah, hernia pusar Radi juga ada treatment tersendiri (meski kata pak dokter, nggak usah diapa-apakan). Treatmentnya berasal dari pengalaman dengan keponakan saya, Rian, yang pas bayi juga pernah mengalami hernia pusar itu.*kayaknya ada keturunan nih* Dulu, orang-orang banyak menyarankan untuk pasang koin logam di pusarnya biar gak bodong (yang sebetulnya hernia..buktinya makin bodong pas nangis kenceng).  DSA Rian saat itu menegur kakak saya agar tidak menaruh koin, namun cukup diplester aja pusarnya. Jadi kita cukup beli plester putih yang lebar (biasanya dijual gulungan plester macam ini di apotek). Tekan pusar ke dalam lubang dengan jempol. Tarik lipatan kulit perut bagian atas dan bawah pusar, satukan kulitnya dengan plester cukup panjang hingga menutupi lubang pusar. Plester bisa didobel. Plester ini nggak perlu dicopot-copot sewaktu bayi dimandikan. Pokoknya kalau plester sudah berasa nggak lengket, baru diganti. Rian pakai plester ini cukup sebulan. Kalau Radi, saya pakai kurang lebih dua bulan hanya untuk memastikan saja. Sampai pusarnya sudah rata, masuk ke dalam. Dicopot deh. Kalau ditunggu-tunggu aja tanpa treatment ini entah kapan pulihnya karena Radi kalo nangis emang kenceng banget, sepenuh tenaga. Dan karena ada tekanan kuat ke perut terus-menerus, jadinya ya bagian dinding perutnya yang lemah susah untuk menutup.

penanganan hernia pusar Radi dari usia 2 bulan

penanganan hernia pusar Radi

Alhamdulillah, di usia 4 bulan Radi udah sembuh dari semua hernianya.

2013-01-03 13.47.52

aint he a cutie pie ;P

114 pemikiran pada “Hernia Pada Bayi

    • dulu sy 8jutaan mbk d advent sama dokter bustanul soalny ga pake askes. tapi itu kyknya tergantung tarif dokternya mbk. anaknya msh kecil yaa..belum sebulan. udah konsul ke dokternya? kalo sy dulu dtunggu dan diobservasi dulu tapi karena dah sebulan nampak makin besar hernianya dan sampai turun ke kantong skrotum jd diambil tindakan operasi menjelng 2bln.

    • Kak, anak saya sama persis dengan kondisi radi sekarang. Tapi karna ditakutkan terkendala biaya, sampai umur anak saya sudah 1 tahun kami blm bisa untuk lakukan operasi. Untuk biaya, boleh tau berapa kak? Dan pembedahan dilakukan di rumah sakit mana. Terima kasih infonya

      • Anak sy operasinya sudah 8 thn yg lalu mbk, jadi utk biaya udah ga update. Klo punya bpjs mungkin bisa dicover mbk. Diskusikan dgn dokter bedahnya dulu aj mbk. Utk teknisnya sy kurang tau..semoga lekas sembuh

  1. Mba anak saya hernia umbilikalis/di pusar. Nongolnya udh gede sih 2CM. Tp lubang keluarnya kyknya cuma 1,5cm. Gmn ya? Takut ketemu dktr bedah anak. Hix. Anakku 1,5 bln, sering ngeden juga. Itu operasinya diblek apa pake alat aja kyk operasi usus buntu jaman skrg?

    • anak saya dulu juga hernia pusar tapi gak dioperasi mbk. Dulu kata dokter bedah anak sewaktu konsultasi beliau juga gak menyarankan operasi buat umbilikus hernia. Biasa ditunggu sampai anak setahun mudah2an pulih sendiri, katanya. Apalagi kalau masih kecil 1,5 bln. Cuma saya treatment sendiri seperti tulisan saya di blog mbk. Saat anak berbaring, pusar bodongnya itu ditekan masuk ke dalam lubang pusar sementara lipatan kulit atas dan bawah pusar ditarik menutup lubang pusar dan diplester mbk. Jadi kan ketahan kalau anak ngeden dan nangis kenceng nggak keluar-keluar amat pusarnya. Saya pakai plester lebar putih transparan yg biasa dijual di apotek. Kalau org2 tua jaman dulu kan suka pake koin, nah yg ini tindakannya lebih higienis. Treatment ini juga atas saran dokter tp bukan yg bedah anak. Alhamdulillah sebulan dua bulan pulih sendiri hernia pusarnya mbk. Moga dedeknya juga cepet pulih yaa…

  2. sist anak saya umur 2 bulan sekarang, divonis hernia umbilical dan inguinalis juga bagian selangkangan ato diatas kemaluan dan satu yang bikin agak kawatir anaku alergi susu sapi juga… hernianya baru kliatan saat dia berumur 40 hari.kemarin konsul dokter bedah disarankan segera op sekaligus khitan.. tapi sebagai ibu saya merasa kawatir. saya tau itu yg terbaik untuk dia aplgi saya seorg perawat, tapi smua itu tak cukup bwy hati saya kuat untuk melihat dia dibedah.. si kecilku lentera sang khatulistiwa dulu lahir dengan caesar dan itu sakit aq pikir bagaimana dgn bayiku jika dia dibedah.akhirnya aq mencari info lwt ibu@ yang mmepunyai anak yg menderita hernia> kmrin bertemu ibu anti yg baru operasi setelah anaknya berumur satu tahun karena ususnya telah terjepit…anaknya divonis hernia sejak bayi.. ada seorgg ibu lagi yang anknya hernia sejak bayi diselangkangan tapi setelah setahun hilang sendiri gak pernah kambuh… katanya benjoolanya berwarna bening saat disnter dulu pas bayi>>>>>sekarangnsudah tidak pernah benjol lagi…. mmohon sarannya sist..

    • memang rada ga tega waktu dulu nemenin anak dioperasi, tapi itu sudah keputusan dan hasil rundingan antara saya dan suami, juga keluarga..tentu setelah konsul dgn dokter anak kemudian dokter bedah anak. Keputusan untuk mau langsung mengambil tindakan operasi atau mau tunggu dan observasi dulu sepenuhnya di tangan orgtuanya… Dulu anak saya sudah muncul hernianya dari awal2 lahir, lama2 makin nonjol dan ususnya turun bahkan sampai masuk kantong pelirnya..Saya pikir2 ini rasanya sudah susah untuk kembali normal tanpa bantuan, mana anaknya sering nangis kencang, jadi ususnya lebih sering turun ke bawah..Ga tega juga liatnya. Suami dulu juga mengalami hernia yg sama cuma baru dioperasi saat 1 tahun waktu ususnya udah kejepit dan itu sakit banget dan resiko komplikasi lebih banyak..Makanya bismillah saja anak kami akhirnya dioperasi lebih cepat waktu 2 bulan..semua keputusan kembali ke mbk..coba rundingkan dgn suami dan keluarga..mau operasi lgs atau observasi dulu mungkin sebulanan..semoga diberi kemudahan dan anaknya cepat pulih yaa..insyaAllah hernia bukan kasus yg berat kok dan operasinya termasuk ringan. Saya gak langsung khitan waktu operasi karena kasian kalo sakitnya dobel, pemulihan luka sayat di perut plus luka penisnya..satu2 aja lah..:P

      • Terimakasih mba dan semuanya Insya Alloh besok setelah membaca Artikel ini. kami semakin yakin tindakan yg harus dilakukan, mengingat putra kami mengalami hal yg sama dengan putra Mba, namun selain itu putra kami lahir Premature, Mohon doa dan terima kasih atas sharingnya, semoga kelak untuk kesembuhan putra kami rafa berusia 2 bln.

  3. Mba, anakku juga sama dr lahir da hernia di bag selangkangan dan skrg usia 12m blm operasi, krn kasian lihat anak msh kecil hrs operasi. Tp baca blog mba, bikin sy tambah yakin klo hrs operasi secepatnya.
    Btw, brp lama ya mba masa pemulihannya, spt jahita hernianya sembuh? Kontrol brp kali ke rs?
    Mohon sharenya mba.. Thx b4 n after.

    • Alhamdulillah dulu sih proses pemulihan jahitan anak saya relatif cepet..sekitar dua mingguan saja..entah karena masih kecil jadi sel2nya cepet pulihnya yak. Sehabis operasi kontrol sekitar 3 hari kemudian, buat cek dan ganti perban dengan plester saja. Setelahnya, dokter minta sebulan kemudian kontrol lagi. Alhamdulillah ga ada keluhan.

      • Oya mba, dari mba consul ke dokter bedah brp hari kemudian baru operasi trs tesnya apa aja? Maklum mba sy merantau ke kalteng dan sy mo cuti akhir desember ini, mo bw operasi anak ke rs advent bdg iuga, jd mau tau 2 mggu cuti apa cukup utk operasi n masa pemulihannya.

      • kalau saya habis konsul dengan dokter bedah hanya sekitar 3 harian langsung operasi..nggak pakai tes macem2..cuma pas sebelum operasi diambil darah sedikit.. kalau saya dulu sih kira2 masa pemulihan 2 mingguan..insyaAllah cukup mbk. Nanti juga setelah operasi dikasih obat untuk mengurangi rasa nyeri luka operasi, yg panadol itu..mudah2an cepet pulih dedeknyaa..:)

      • Mba mw tnya pasca operasi si bayi rewel enggak?trs sblm oprasi bayi di haruskan puasa /tdak…soalnya anak saya jg divonis hernia..
        Saya mw operasi anak saya tp msh bingung dan takut

      • Baiknya konsul dulu aj mbk dgn spesialis bedah anak biar lebih tenang dan jelas. Seinget sy dulu ada puasa dulu sblm operasi. Selesai operasi pasti agak rewel tp biasa ditenangkan dgn ASI dan obat pereda nyeri yg diresepkan dokter. Ga lama kok pemulihannya.

  4. Anak saya ada benjolan di atas kemaluan, dilipatan paha kiri, umur sekarang 35 hari, tadi siang di periksakan kata dokter anak, hernia. saya belum konsul ke dokter bedah, masih minggu depan.
    apakah perlu segera di lakukan operasi,? saya ga tega lihatnya, geraknya kenceng bener,
    apakah di bedong membantu m3ngurangi geraknya. mohon sarannya.. terima kasih.

    • Mending tunggu hasil konsul dgn dokter bedah aja dulu. Nanti tanya gimana2 nya.. Saya dulu jg ga langsung operasi ko. Konsul k dokter bedah juga baru sebulanan setelah tau hernia dari dokter anak.

  5. kalau anak saya udh 15 bln tapi hernia dipuser ny masih besar…kadang ampe kaelihatn menonjol bgt kalo lg nanis gt… kira2 gmn ya mb??apa dioperasi sec[t mungkin ao nunggu dia udh sekolah??

    • Udah pernah ditahan pake plester blm mbk? Klo ga mempan sebaiknya mbk ngobrol dgn dokter dulu aja, soalnya sy bukan dokter anak. Dari sekarang aja konsultasikan k dokter, ga usah tunggu udah sekolah. Setelah konsul baru nanti kebayang tindakan terbaiknya bgmn.

  6. Assalamu’alaikum mbak.. mau share skaligus nanya jg.. bayiku pas awal lahir ga ada hernia mbak,baru hampir sebulan kemudian muncul pas mau selapan (40hari). Kata dsa nya diminta observasi dlu 1 bulan, tp ini baru 3hari stelah didiagnosa hernia aku uda ga tega krn nangis makin kenceng, nenen ga lepas jg mbak apalagi klo malam.. kalo usia belum 2 bulan apa bs dioperasi jg yaa mbak? Sbenernya aku ga tegaaaaa bgt tp tiap dia nangis makin gede & sakit jg pasti hernianya.. 😦 sedih deh mbak rasanya. Oya, kalo di sby kok stelah oprasi hernia ga boleh lgsg pulang alias kudu opname dlu ya, ga kaya di advent bdg.. mohonn pencerahan mbak..

    • waalaikum salam mbk. Sekadar share juga, dulu anak saya juga baru muncul hernianya sekitar semingguan setelah lahir. Waktu saya tanyakan ke dsa, beliau bilang diobservasi aja dulu. kalau pun nanti perlu dioperasi biasanya tunggu sampai usia 3 bulan. Tapi setelah observasi sebulan lebih, saya lihat hernianya makin besar aja. Akhirnya kami konsul ke dokter bedah anak, dan saran beliau segera diambil tindakan operasi untuk hernia besarnya (yang turun ke kantong pelir) dan pak dokter juga bilang untuk tindakan operasi jaman sekarang tidak perlu menunggu bayi berusia 3 bulan. Jadi anak saya dioperasi sebelum genap 2 bulan mbk. Di Advent, setelah prosedur operasi, diopname dulu selama dua jam saja. Setelahnya, boleh langsung dirawat di rumah. Mungkin beda-beda prosedur rumah sakit ya mbk. Semoga anaknya lekas pulih yaa… InsyaAllah hernia itu bukan kasus berat dan memang umum di kalangan bayi kok.

      • Assalamu’alaikum mbak.. alhamdulillah Khalif hari senin kmrn sudah melakukan prosedur operasi hernia-nya mbak.. uwiih deg2an bgt mbak, saya mau nangis tp diingatkan suster untuk jaga emosi krn takut khalif rewel pas mau op.. cepet ya mbak op nya cm 1jam.. skrg khalif sudah dirumah.. alhamdulillah stelah opname sehari semua dinyatakan normal&sehat..
        nah skrg saya pgn tanya dlu perawatan bayinya mbak stelah operasi gmn? Apa ada perlakuan khusus, krn saya jd cemas bgt kalo khalif nangis sudah buru2 saya gendong krn takut ada tekanan di perutnya lg. Trs masa recovery nya brp lama ya mbak?
        Iya mbak, kebetulan khalif dioperasi di rs Adi Husada sby & pd hari yg sama ada bayi seusia khalif yg op hernia jg..
        mbak maaf sebelumnya, kalo boleh saya pgn ngobrol2 lebih byk sama mbak.. kalo berkenan mbak sms saya yaa ke nomer 082123236660
        makasih mbak atas waktunya 🙂

    • alhamdulillah moga cepat pulihnya dek khalif… Dulu masa pemulihan anak saya kalau nggak salah sekitar 2 mingguan. Saya tidak ada perlakuan khusus sih mbk, hanya mengikuti yang diresepkan dokter saja. Dikasih panadol (yg sekaligus pereda nyeri) dan amoxsan di jam-jam tertentu. Memang pascapemulihan anak pasti akan lebih rewel dari biasa karena kan masih ada bekas luka bedah. Jangan sampai lupa/telat diberi obatnya aja, diberi ASi yg banyak, dan yg sabar ibunya. Dulu nggak begitu lama anak saya udah lincah lagi. Dan jangan terlalu khawatir hernianya akan muncul lagi kalau nangis atau rewel. Aman, insyaallah, setelah dioperasi kok mbk. Kebetulan sekarang saya tinggal di Sydney ngikut suami studi, jadi kalau kontak takut roaming kecuali kalau mbk pake watsap:P Boleh ke e-mail aja: nuraini_mastura@yahoo.com.

  7. Assala mulaikum mba,,boleh minta waktuny untuk sharing sedikit,anak saya waktu umur 2 minggu udh divonis hernia inguinalis.dokter saran kan ke Ahli bedah,tapi denger bedah saja rasanya seperti kiamat buat saya.lalu saya terapi sendiri dengan sering angkat kakinya keatas dan dipake gurita untuk menyangga,ga lama kemudian hilang dan ga muncul lagi.dan ga disangka sekarang umurnya 1 tahun 1 bulan hernianya muncul lagi….dan sepertinya lebih sering muncul dikarenakan aktifnya.dan setiap malam saya ga bisa tidur browsing dengan mbah google tentang hernia,semua saran harus operasi. Hati makin kacau balau.Tapi akhirnya saya ketemu dengan blognya mba ainka,hati saya baru tenang. Dari pengalaman mba ada yang ingin saya tanyakan? sewaktu bedah apakah anak kita dibius total? Trus sayatan didaerah mana? Apa di buah zakarnya? Dan berbekas ga mba? Makasih ya mba atas waktunya.

    • waalaikumsalam mbk.. seneng sekali kalau bisa sedikit menenangkan. Yang sabar ya mbk. Tapi ada baiknya nanti mbk tanyakan langsung/konsul ke dokter bedahnya terlebih dulu soalnya tiap-tiap dokter mungkin akan memiliki pertimbangan berbeda dan mengambil tindakan berbeda. Kalau saya hanya bisa berbagi dari pengalaman aja. Kalau anak saya dulu saat usia 2 bulan dibius total (kalau nggak salah) dan disayatnya di bagian lipatan antara perut dan paha (di atas selangkangan) dan bekasnya nyaris nggak kelihatan mbk. mungkin karena di area lipatan juga. Ada baiknya nanti mbk tanya2 lagi lebih detail dengan ahli bedahnya. Saya juga sebelum proses bedah tanya2 dan dokter jelasin panjang lebar. Tindakan apa yang akan diambil, akan disayat di mana, proses pemulihan berapa lama..kalau bisa sedetil mungkin malah mbk supaya kita sebagai ibunya juga lebih tenang kan..moga cepet pulih ya mbk..:)
      .

  8. saya juga mau sharing ni..anak saya perempuan BBL 3.2kg umur 4 hari mendadak biru dan lemas..dibawa ke RS didiagnosis hernia diafragma (1:100rb kelahiran) dan harus segera operasi..bekas sayatan luarnya sekitar 10cm..termasuk operasi besar…berisiko karena dekat dg organ pernapasan, pencernaan dan jantung..operasi berlangsung 3 jam…pasca operasi sempat infeksi dijahitannya…dirawat di NICU selama 18 hari..biaya sekitar 28jt..blm termasuk home care (ganti perban steril) pervisit 100rb alhamdulillah sekarang umurnya 3 bulan udah sehat…

    • wah mbk saya malah baru pernah denger kasus hernia diafragma..makasih sharingnya..perjuangan mbk jauh lebih berat dari saya.. tapi perjuangan moril dan materil itu akhirnya terbayar lunas kalau melihat anak kita akhirnya tumbuh sehat ya..semoga dedeknya sehat terus yaa..semangaat.. *jadi terharu dgn perjuangan dedek dan bundanya ^^ *

  9. Assalamu`alaykum wrwb..
    Alhamdulillah nemu blog mbak. Bara (2bln1mg) kemarin habis imunisasi. Kata dokternya, udel bodong Bara itu karena hernia umbilikalis. Saya panik dengarnya, soalnya setahu saya pengobatan hernia itu dengan operasi. Tapi setelah pagi ini googling sana-sini, plus ketemu blog ini, alhamdulillah lebih tenang. Sambil nunggu hari praktik Dsanya, saya mau coba tips plesternya mbak. Thank for sharing, mbak..^^

    • Iya ga usah panik mbk. Hernia pusar itu kasus yg jamak. Ini cuma salah satu saran yg saya dapat dari DSA keponakan saya dulu untuk menangani kasus pusar bodong atau hernia pusar.

  10. lgi galau juga…anak sya waktu usia 2,5 bln di deteksi hernia dirujuk ke bedah anak harus operasi,tapi sya masih ngak tega<sekarang usiax sdh 10 bln, terkadang msh sering muncul,lagi meyakinkan diri u memutuskan adek alf u operasi

  11. Kl boleh tahu plesternya merk apa? atau penampakannys spt apa? karena anak sy pusarnya jg bodong. bila berkenan mohon sy di email. terima kasih

    • Kayaknya gak ada merknya..yg biasa dijual di apotek. Plesternya warna putih n tempat gulungannya biru. Ga bisa kirim penampakannya karna lg gak ada. Tp bisa diliat dari poto anak saya di atas. Meski plester apapun kyknya bisa2 aja selama kulit anakny ga iritasi. Ini bodong yg penyebabnya hernia ya.

  12. maaf mbk. bs berbagi info lebih ttg hernia…
    krn saya temukan benjolan pda lipatan paha bayi saya…
    bila berkenan tlg hub no saya
    089614267576
    yang saya tktkan mendengar pembedahannya…gak tega dan juga saya perlu tau kira2 biaya operas, krn saya bkn dr keluarga yg berkecukupan..tp dmi bayi saya, saya akan lakukan yang terbaik

  13. Mbak, boleh sy minta kontak dokter susi dan anak mbak dioperasi di rs advent mana yah? Mohon info’a mbak, utk anak sy, mksi mbak

    • Saya kontak doket susi biasanya langsung ke rumah sakit santosa bandung, mbk. Tiap pagi beliau praktek di sana. Anak saya dioperasi di rumah sakit advent bandung jalan cihampelas.

  14. Assalamu’alaikum…maaf mb mau minta masukanya, ank saya perempuan Nmany wafa usia 6 thn. Waktu itu kami masih dikalimantan kasusnya wqktu umur 3 thn lebih dia mainan disofq lalu terjatuh terguling gitu kebawah, sofany pendek padahal, setelah itu pas sy Mandikan sore Hri ada benjolan dkat selangkangan paha diatasi vagina sebelah kiri, kira sy bengkak pasi besok cek kedokter trnyata gejala hernia. Stelah suami pindah kerja kami pindah kepulauan kecil tanjung balai karimun kep.riau, disini dokternya kurang lengkap. Lalu usia masuk 4 thn konsultasi ke batam, dokternya g bilang operasi, cmn ankny disuruh jgn terlalu lincah loncat2 n makan yg berserat supaya tdk terlalu ngedan. Nah kondisi dril dlu sampai skarang benjolanya itu kadang ilang kadang nonjol. Kalo dia kecapean misal pulang skolah nanti nonjol, kalo sudah tidur n istirahat nanti iLng, dan dia nggak pernah ngeluh sakit. Trus kMrin cek lgi kata dokter disni suruh dioperasikan aj kebatam sbelum ususnya terjepit. Menurut mba n temen2 yg lain, kalo u perempuan bahaya g y? Ada pengaruh g y dgn vagina atau sudah besarnya nanti. Jadwal cek besok jumat dan kemungkinan dioperasiny sabtu or minggu. Mohon informasinya y mba2. Trimakasih

    • Bu sebaiknya memang dikonsultasikan ke dokter anak, lbh khusus lagi dokter spesialis bedah anak klo mau lebih jelasnya. Karena sy bukan ahlinya, sama sekali bukan pakar kesehatan, jadi gak bisa memberi banyak keterangan kecuali sekadar berbagi pengalaman anak sy. Tapi kasus anak kan beda2. Yang jelas operasi hernia itu udah cukup umum dan tidak termasuk operasi berat, menurut dokter sy.

  15. Baik sekali informasinya, bisa lihat videonya di klik http://youtu.be/OxaRAEZ2gDY
    Itu pengalaman saya memang lebih baik secepatnya dioperasi utk keselamatan anak dan segera konsultasikan pd Dokter spesialis anak penyakit dalam.
    Saya mengijinkan siapa saja utk menyebarkan link video ini utk kebaikan bersama.
    Thanks admin.

  16. 😦 sama banget kronologis nya seperti yg dialami anak sy (Rafif)
    bedanya, dokter anak yang menangani Rafif menginstruksikan sy untuk memeriksa setiap hari untuk memastikan, usus yang turun ke kantung buah zakar itu masih bisa kembali
    beliau mengatakan jika masih bisa kembali Rafif bisa di oprasi di usia 3 bulan, dan saat ini saya masih cemas & ga tega banget kalau harus liat bayi sekecil itu harus menjalani oprasi..
    rasa bersalah semakin muncul ketika harus menitipkan Rafif dengan bude nya karena saya bekerja 😦

      • Bunda Radi,

        alhamdulillah Rafif sudah di operasi pada tanggal 28 Januari kemarin.
        Rafif termasuk anak yang tahan sakit, sampai kami & team dokter pun heran karena Rafif sama sekali tidak rewel & 1 hari setelah operasi sudah mau bermain & tertawa kembali..

        bunda Radi, saya mau tanya,
        bagaimana cara merawat anak pasca operasi hernia tsb??
        apakah ada efek yang timbul setelah nya??

        please info 🙂

  17. Alhamdulillah Rafif tegar yah..Dulu sih perawatan cuma dikasih paracetamol untuk pereda nyeri dan antibiotik. Perban diganti plester dua hari setelah operasi pas kontrol kembali dgn dokter bedahnya. Plesternya tahan air jadi ga perlu perawatan khusus sih..pas udah ga lengket dicopot alhamdulillah lukanya bagus dan nyaris nggak berbekas. Semoga cepat pulihnya ya dek Rafif..

  18. terimakasih banyak ya Bunda Radi karena telah berbagi pengalaman nya 🙂

    semoga Anak-anak kita tumbuh sehat, pintar & berguna bagi orang banyak
    Amiin Ya RAB

  19. Testis anak saya sblh kanan,tidak turun,nyangkut di perut bagian bawh,apa itu tergolong hernia? N apa itu harus dioprasi? Anak sy skrg berusia 9 bulan,saat aktif2 ny,apa msh mgkn sy tunggu beberapa tahun lagi baru oprasi,ato harus segera oprasi

    • Sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter anak, bu.. Latar belakang saya bukan bidang medis, jadi nggak bisa memberikan saran yang pasti. Saya hanya bercerita pengalaman hernia anak saya. Kelihatannya kasusnya agak berbeda dgn putra ibu. Ditanyakan saja ya bu.

  20. mbk, anak (3 th 10 bln) saya juga terkena hernia jenis umbilikal (pusar). Tapi saya bingung mw berkonsultasi dengan dokter spesesialis bedah anak yang bagus di mana ya?
    lokasi saya di jakarta selatan.

  21. oo gt,, gpp mbk.. 🙂
    mbk,, kl untuk mengetahui diameter lubang, itu prosedurnya gmn ya?
    ke DSA >> USG >>> Spesialis bedah anak?
    atau Spesialis Bedah Anak >> USG >> balik lagi ke Spesialis Bedah Anak?
    soalnya dulu pernah saya pake urutan yang pertama, tp gak dpt informasi diameter lubangnya..

    • Saya malah nggak pernah pake ngukur diameter lubangnya mbk. Dulu saya konsul aja ke DSA langganan anak. DSA kasih rujukan ke dokter spesialis bedah anak yang praktek di rumah sakit yang sama. Dari konsul dengan dokter spesialis itu, keputusan operasi hernia bawah langsung diambil, sementara hernia pusarnya dibiarkan dan cukup diobservasi saja. Tanpa perlu ngukur diameter, sebetulnya dokter spesialis anak akan ngerti sendiri dari pengamatan mbk. kalau nggak salah ya..semoga lekas sembuh dedeknya

  22. Bund,,,add pin bb ku yahh 74159578 mau konsul pusar bodong baby ku umur 2,5bln,,,kata bidan diameter lubang nya skitar 1cm an,,,udah sebulan ini pake koin logam seratus rupiah agak kempes sih,,tp msh menonjol,,,,aku mau kasih fotony,,,apa sama dg Radi dulu….mau yah bundd?

    • saya ga punya pin bb bu..dan saya juga bukan praktisi medis, hanya berbagi pengalaman dari seorang ibu biasa..kalau pengalaman saya dengan anak dulu kurang lebih sama, saya tekan pusarnya tapi ga pakai koin (sebagaimana di blog) sampai rata sempurna kira-kira sampai dua bulan..

  23. ASS mbak…sekedar berbagi cerita juga..Bayi saya juga mempunyai hernia,ketika dia lahir hampir setiap malam dia menangis kencang,saya mengira dia tidak kenyang dengan asi saya,lalu saya memberikan susu formula dalam hitungan detik bayi saya langsung mengedan dan pup.
    Kelihatan nya janggal ngerasa ada yang berbeda,tapi pada saat itu saya tidak tau apa yang terjadi hingga ahkir nya genap usia 1 bulan barulah tonjolan di lipatan paha kelihata.Saat itu membuat saya menduga bahwa ini adalah hernia tapi untuk mengetahui lebih jelas saya membawa nya ke Dr anak,Dari dokter anak saya mendapat jawaban yang kurang memuaskan lalu saya berkonsultasi dengan seorang dokter yang saya kenal dan kebetulan beliau seorang Dokter spesial bedah anak Di RS Awal Bros batam Dan beliau menjelaskan dengan jelas dan meyakinkan saya hanya jalan operasi yang bisa di lakukan untuk bayi saya,Ahkirnya kami memutuskan bayi kami menjalan kan operasi nya genap di Usia 45 hari dan operasi berjalan lancar dan alhamdulillah bayi saya tumbuh sehat hingga saat ini.Semoga kita sebagai orang tua juga harus tau kondisi penyakit anak kita seperti apa dan mengetahui sepenting apa tindakan yang tepat yang harus di lakukan untu anak anak kita,jangan pernah menyepelekan sesuatu yang janggal yang ada di tubuh anak anak kita,terima kasih saya ucapkan untuk dr. Siti @RS.Awal Bros BATAM

  24. Hallo bunda.. anak saya sperti anak bunda radi.. ada hernia di pusar sma hernia di lipatan pahan dan smpe ke buah pelir alat kelaminnya.. boleh minta saran ? Ato rekomen dokter bedah? Bahaya kah jika ambil tindakan operasi? Jika abis operasi luka operasi sobek lg tidak ketika anak bayi nangis sekuat tenaga ? Mohon bantu ya bunda.. saya butuh bgt info pengalaman bunda.. terimakasih bunda

    • Salam juga bunda. Kalau dari pengalaman anak saya sih bun, Radi dioeprasi di umur 2 bulan untuk hernia bawahnya dan tidak ada masalah terkait jahitan setelahnya. Biarpun anaknya nangis kencang. Jaman sekrang teknologi bedah sudah semakin canggih bun. Jahitan luka Radi bahkan tidak begitu kelihatan bun. Dan operasi hernia ini sudah cukup umum kok. Saya sarankan lebih baik konsultasikan dulu dgn dokter bedah anak. Saya dulu konsultasi dgn dokter bedah anak di RS Santosa. kalau gak salah, namanya Bustanul. Semoga lekas sembuh dedeknya yah.

      • Apakah anak bunda di bius total wktu mao operasi? + waktu infus anaknya kesakitan ga? Ga tega banget lihat bayi baru 2 bulan harus di infus + bius + di bedah.. bunda rs nya di bandung ya? Dan skg sudah sembuh total ya bunda ? Terimakasih bunda sudah mao menjawab komentar saya…

      • Iya dibius total bun. nangis sakit sih udah pasti terutama pas disuntik ambil darah. Tapi kitanya mesti tegar. Pikirnya demi kesembuhan anak. ga tega juga biarin hernianya lama-lama, khawatir keburu kejepit di usus. Tapi sebelum tindakan bedah, sebaiknya anak diperiksakan ke dokter anak dan dokter bedah anak dulu. Mereka yg tau kondisinya. Alhamdulillah anak saya ga ada keluhan pasca operasi. Lukanya sembuh dgn baik. Hernianya sembuh total. Iya dulu di rumah sakit bandung bun.

      • Bunda apakah anak bunda ada keluhan wktu mao pup ssh keluar n tiap x pup hrs ngedan nya kuat2 baru pup bs kluar.. dan setiap x pipis jg gelisah.. ? Sma mencret ga bunda? Jadi selalu rewel wktu mao pup / pipis.. Mohon bagi sharing pengalaman ibu ya… saya disni ucapkan terimakasi sbyk byk nya..

      • Iya bun disuruh puasa sebelum operasi. jadi beberapa jam sebelum operasi saya hentikan ASI (lupa berapa jamnya). Habis operasi, masuk ruang pemulihan sekitar sejam, trus langsung pulang bun seperti yg saya tulis di blog. Kita boleh temenin sebelum dan pascaoperasi di ruang pemulihan, hanya selama prosedur operasi berlangsung aja orangtua ga boleh nemenin
        .

    • Waktu di infus sma ambil darah anak bunda dlm keadaan tidur ato nangis kenceng bunda? N bahayakan di bius ? Dari di bius sampai dia bangun berapa lama ya bunda? Maaf y bunda saya byk bertanya.. karna saya sangat takutt n khawatir jika ambil tindakan operasi…

      • nangis sih bun sewaktu diambil darah. ya wajar aja..orang dewasa aja suka takut. Tapi kitanya mesti tabah. Insya Allah sakitnya sebentar. Yang penting kesembuhannya. Pengaruh biusnya ga lama hilang. Begitu operasi selesai, anak saya sudah nangis2 siuman kok..kan obat biusnya disesuaikan dengan usia dan berat badan anak. Sudah ditakar sama dokter anestesinya, jadi bunda ga perlu khawatir.

  25. Ank saya kena hernia umbilikus bun usia nya 7 bulan.. pke plester yg bunda bilang kira” smbuh gg yah bun..apa konsul ajjh yah ..soal saya takut ank saya d bedah oprasi..? 😦

    • Bu, kalau hernia pusar itu bukan kasus darurat buat operasi. Malah dulu waktu konsul dgn dokter spesualis bedah anak, beliau bilang sebagian besar kasus hernia pusar pulih sendiri..tunggu sampai usia anak setahunan..alhamdulillah anak sy pulih dgn ditekan plester aj bun..

      • Jd kasus hernia pusar ank saya gg prlu d oprasi ya bun ..?
        Ank bunda brp bulan pke plester masuk k dlm pusar nya .?

  26. Alhamdulilah mba ktmu blog mba..
    Anak sy jg kena hernia dan ketauan pas umur 36 hari.. dan bodong jg.. awalnya shock .. stelah cari2 di google jd agak tenang krn baca blog mba dan baca komen2 para mama super lainnya..
    Anak sy jg rencana mo operasi dalam waktu dekat.. umurnya skg 40 harian..
    Makasi ya mba atas info2nya.. smoga anak sy dberi kesembuhan dan kelancaran operasinya nanti..
    Wasalam..

  27. Terimakasih pengalaman nya y mba..saya sangat trauma.kbutalan anak saya 44hr kena hernia juga,dokter surh operasi karena masih syat kecil saya belum brani.malahan mau dronsen n cek darah si anaknya saya larikan pulang.smkin yakin…serahkan sama yg di Atas..bismillah sy akan ikut anjuran dokter tuk yg yerbaik bayi baby na.

    • Iya kitanya mesti kuat bu..insyaAllah operasi utk kasus hernia besar adalah yg terbaik, setelah melalui pemeriksaan dokter spesialis dan observasi ya..semoga dedekny lekas sembuh yaa!

  28. Mbk ainka, maaf mau tanya kalo treatment yg di pusar itu kan dtutup pakai plester micropore, kalau mandi kan kena air pasti basah, apa tidak apa apa ke pusarnya apabila tidak dlepas lepas? Soalnya bayi sy jg kata dokter hernia umbilikal karna kalo nangis suka sekuat tenaga & menjerit jerit & suka mengedan. Bayi sy umur 2 bulan sekarang. Sy sedang melakukan treatment dg menutup pusarnya pakai plester.

  29. Anak sy juga kena hernia mbak, dan mau op sabtu ini. Anak saya gk nangis kuat, cuma nguletnya kuat apalagi pd saat mau pup. Sbenarnya sy dan suami khawatir utk op takut krn anastesinya bayinya baru 1bln 20hr. Sdh kontrol dan di diagnosa HIL. Maaf nanya mbak, stlh op gd berpengaruh dgn op anak ya mba soalnya kn anak sy suka ngulet. Takutnya berpengaruh dgn jahitannya. Anak mba kn nangisnya kenceng, gimna pengalaman mba. Jujur sy takut dan gk tega. Tp krn sdh ada gejala yg aneh jd mesti diambil tindakan… Setiap pup pasti nangis.

    • Ngulet tuh ngeden maksudnya mbk? Klo pengalaman anak sy alhamd ga ada masalah apa2 kok..pdhl usianya blm genap 2 bln…jaitannya tampak tak berbekas skrg di usianya 5 thn..klo punya kekhawatiran macam2, ada baiknya mbk sbg orgtua konsultasi k dokter bedah anak lbh dulu. Biar kita tenang aja. Tp setau sy bedah hernia terhitung prosedur operasi yg cukup ringan jmn sekarang. Dulu anak sy jg lgs pulang sejam setelah operasi. Lanjut kontrol jahitan kira2 3 hr kmudian (lupa lg). Semangat ya bun.

      • Iya mbak ngedannya, ngedannya kuat skali smpai mukanya bisa merah kebiru²an gitu. Sdh dikonsultasikan, kata dokter sich aman, tp namanya orangtua apalagi anak masih bayi ada kekhawatiran. Katanya kmrn seh pemulihannya 3-4hr.

  30. Pagi mb mau tanya saat itu pusar si adk masih kondisi berair atau tidak mb? Tlg di balas ya mb berbagi pengalaman dan ilmu 🙏🏻

  31. Mba, bayi saya 1 bln 1hr saat ini juga ada hernia di atas burung nya sebelah kiri.
    Mau nanya, dulu anak nya di jait brp cm panjang nya mba? Trs gak ada batasan minum asi kah pasca op? Soalnya anak saya alhamdulillah kuat nyusu.
    Klo orgtua kan tunggu buang angin baru boleh makan. Klo bayi kata nya nnti dokter lakukan bising usus utk ngecek apakah ada suara usu nya atau blm utk boleh nyusu. Nah pasca op dulu brp lama anak nya baru boleh nyusu mba? Terima kasih..

  32. Bun, anak nya pasca op dulu berapa jam jarak nya baru boleh nyusu? Dokter suruh di batasi gak nyusu nya selama pemulihan? Anak saya juga kena hernia di atas burung nya sebelah kiri. Umur nya baru 1bln 1hr. Makasih..

  33. Gak buat kulit di daerah perut bayi iritasi ya bun?? Kalo basah gak papa ya?? Bayi ku umur 2 bulan pusar nya bodong juga, tapi ku tutup koin dan ku plester pake perekat putih, kurang tau juga benar atau gak cara ku…., foto pusar radi yang sekarang gak ada ya bun, hehehehe…

  34. Assalammualaikum. Terimakasih sebelumnya bunda atas cerita pengalamannya. Saya ada teman anaknya laki2 waktu umur 1 bulan ada benjolan di kantung pelirnya. Karena kendala biaya Dia gak brani periksa ke dokter takut mendadak disuruh oprasi belum siap biaya akhirnya dia ikhtiar dg cara sering diurut ke tukang pijat. Tapi itu hernia gk ilang2 sampai anaknya sekarang umur 5tahun. Belum pernah konsultsi ke dokter sama sekali krn alasan biaya tadi. Tapi anaknya biasa aktif, lincah, cerdas, sepertinya gk sakit, pipis lancar, cuma yah kantung pelirnya kadang besar kadang kecil. Kira2 terlambat gak yah…

  35. Subhanalloh….ternyata banyak kasus yg sama disini. Smoga qt smua sbg ibu mampu & sanggup menyemangati diri bahwa anak qt akan sembuh dgn/tanpa operasi.
    Anak sy jg hernia,tp kata dokter suruh tunggu usia 1thn dgn harapan usus kembali pd tempatnya. Berhubung masih diatas kantung pelir jd tak disarankan operasi.
    Kalo sudah usia 1thn ada indikasi membesar & masuk kantung pelir,,bayi rewel dsb….maka kmungkinan hrs dilakukan operasi.

  36. Ass..mbak aku anakku skrg umurnya 52hri,kyknya sya bru sdr ada bnjolan skitar mau umur 1blnan,dan itupun sy blm berani blg sm ibuku,bru skrg blg ibu lsg terkejut ktnya takut hernia..karena aku sm sekali awan hernia kaya apa soalnya wktu anak yg pertma ga ngalamin.tp.bayi sya g ngs kncg,cm klo ngs pgn ngASI aja.mknya aku searching baca artikel itu..rsanya hati sya nangis klo liat muka anak lg mungil2nya hrs pnya penyakit spt itu,apalgi dia lahir cs,skrg sya bgung..hrs gmna alurnya..krna memang blm sm skli konsultasi dgn DSA.mohon utk bs kasih solusinya..terima kasih.

    • Konsultasikan aja dulu mbk k DSA. Diperiksa dulu. Yg penting jangan panik atau stres, nanti ngaruh k asi yg berkurang buat dedenya. Hernia itu bukan penyakit yg horor kok cuman ada yg kurang matang saat anak lahir. Ususnya menonjol/turun karena lubang yg blm menutup sempurna. Gtu kali bhs awamnya. Sy jg bukan dokter jd kurang bisa jelasinnya..tp tenang aja bu. Hernia ini kasus medis yg umum dan bisa ditangani. Skrg diperiksakan aj anaknya k dokter dulu bu biar tau penanganan yg tepat buat dedenya. Semoga lekas sembuh dan tumbuh kuat yaa..

  37. Sis bagaimana skrg perkembangan anaknya setelah operasi hernia,sudah sembuh total kan sis,anak sya jga mau operasi hernia yg diatas kemaluannya,mana baru umur 2 bulan,sya bingung sis,soalnya masih kecil bgt,mana operasinya bedah,mhon doanya ya sis

    • Alhamdulillah anak sy sembuh total dari hernianya. Dulu dibedah usia 2 bln. Sekrg udah usia 7 thn dan sehat bugar ga ada keluhan apapun. Semga diberi kemudahan dlm penanganan hernianya bun. Pastikan berdiskusi dgn dokter spesialis ya bun.

      • Iya terimakasih ya bun atas doanya,smoga proses operasi anak sya bisa berhasil dan berjalan dgn lancar agar hernianya sembuh total,aminn

  38. Anak saya kemaren hbs operasi hernia,alhamdulilah berjalan lancar,tinggal pemulihan saja,mhon doanya ya smuanya agar anak sya bsa sembuh total dri hernianya,amin,mhon maaf sis,mau tnya pasca operasi ada perawatan khusus gak ya,supaya pulih dgn baik,mhon masukannya ya sis,,,terima kasih

      • Saya diksh pereda nyeri saja sis,kalo boleh tau apa ya merek antibiotiknya dan berapa dosis pemberiannya,soalnya saya kan kemaren pakai bpjs,tpi anak sya rewel sekali mungkin obatnya karena generik x ya,sya minta rekomendasi obat demam ma antibiotiknya bu,supaya sya tebus sendiri,

    • Panadol pereda nyeri n demam biasa bu yg dijual di apotek..minta dosis bayi..sama antibiotik amoxsan..pasti apoteker tau..antibiotik biasa dikasih setelah operasi utk mghindari infeksi setelah pembedahan bukan buat meredakan nyeri.

  39. Teh anak saya pun terkena hernia sejak umur 1 bulan,Karana anak saya lahir kurang bulan dan berat badan kurang,anak saya lahir 30 minggu denagn 1,7 kg ,anak saya sempat di ingkubator dan di kasih napas bantuan,,ketika usia 1 bulan anak saya timbul hernia di paha dan di udel ya ,,berencana mau oprasi pada usia 2 bulan,sat tu berat bdan anak saya baru 2,7 kg,,tapi ternyata anak saya baru mau di anastesi,malah hilang kesadaran dia henti napas dan jantung,dokter berusaha u mengembalikan detak jantung dan napasy,setelah 15 menit berjuang akhirnya bayi saya kembali bernapas,,dengan keadaan kritis berat,dan anak saya sempet di rawat di picu selama 17 hari dengan keadaan koma,denagan bayak alat yg di pasng hingga dokter menyatakan anaka saya infeksi darah,,sampe di kasih antibiotik paling tinggi,setelah 17 hari di picu anak saya mulai membaik ,dan dokter bedah menyarankan u oprasi hernia,,tpi saya masih trauma denagan kejadian sebelumnya,,saya berniat u menunda,,,tpi saya bingung anak saya jdi rewle,,trus semakin membesar walau pun hernia masih bisa turun naik,,,tpi anak saya kaya kesakitan,,saya jdi berpikri apakah saya salah menunda oprasi tpi saya masih trauma dengan kejadian sebelumya saya takut terulang

    • Semoga dikuatkan ya bu. Semangat. Maaf sebelumnya sy sendiri bukan ahli medis, jd ga bisa mberi saran medis. Setiap anak punya kondisi beda2 dan ilmu kedokteran terus berkembang. Ibu mesti banyak berkonsultasi dokter anak dan spesialis bedah anak utk kondisi anak ibu. Klo bisa cari rujukan lebih dari satu dokter biar hati dan pikiran lebih tenang. Kita hanya bisa berikhtiar terbaik, sisanya serahkan pd Yang Maha Kuasa. Semoga diberi kemudahan dan kemantapan hati ya bu, sy doakan.^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s